Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Satuan Pendidikan : MI
Tema : Keluarga
Kelas / Semester : 2 / I
Pekan / Hari : 1 / 4
Tahun Pelajaran : 2010 - 2011
Alokasi waktu : 3 x 35 menit
Ø PKn
Membiasakan hidup gotong – royong
Ø Fikih
Mengenal tata cara shalat berjamaah
Ø Al Quran Hadis
Memahami hadis tentenag hormat kepada kedua orang tua
2. Kompetensi Dasar
Ø PKn
Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong dirumah dan disekolah
Ø Fikih
Menjelaskan ketentuan tata cara shalat berjamaah
Ø Al Quran Hadis
Menunjukkan perilaku hormat kepada kedua orang tua
3. Indikator
Ø PKn
· Melakukan saling berbagi dirumah dan disekolah
Ø Fikih
· Menyebutkan syarat syah menjadi imam
· Menjelaskan hikmah dari shalat berjamaah
Ø Al Quran Hadis
· Menyebutkan contoh perilaku hormat kepada orang tua
4. Tujuan Pembelajaran
Ø PKn
· Siswa mampu melakukan saling berbagi dirumah dan disekolah setelah mendapat penjelasan dari guru secara benar
Ø Fikih
· Siswa mampu menyebutkan syarat syah menjadi imam sesuai dengan syarat tersebut setelah membaca dari buku paket
· Siswa mampu menjelaskan hikmah dari shalat berjamaah dengan tepat setelah mendapat penjelasan dari guru.
Ø Al Quran Hadis
· Siswa mampu menyebutkan contoh perilaku hormat kepada orang tua dengan baik setelah mendapat penjelasan dari guru.
5. Materi Pokok
Ø PKn
Hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong
Ø Fikih
Shalat berjamaah
Ø Al Quran Hadis
Hadis tentang menghormati orang tua
6. Sumber / Media / Alat
Ø Sumber
· Buku paket Pendidikan Kewarganegaraan SD kelas 2
· Buku paket Fikih MI kelas 2
· Buku paket Al Qur’an Hadis MI kelas 2
· LKS
· Tuntunan shalat lengkap
· Buku lain yang relevan
Ø Media
· Teka – teki pintar
Ø Alat
· Kertas karton
· Spidol
· Isolasi
7. Metode Pembelajaran
· Ceramah
· Tanya Jawab
· Permainan
· Pemberian tugas
8. Langkah – langkah Pembelajaran
NO | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
1 | Kegiatan Awal · Guru dan siswa melakukan salam · Guru dan siswa membaca basmalah sebelum memulai pembelajaran · Guru melakukan absensi dan pengondisian kelas | 10 menit |
2 | Kegiatan Inti · Guru dan siswa menyanyikan lagu “ Bangun Pagi ” · Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai kegiatan sehari-hari · Guru menjelaskan syarat syah untuk menjadi imam dan hikmah dari shalat berjamaah · Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai tolong menolong · Guru meminta siswa untuk menyebutkan contoh berperilaku hormat terhadap kedua orang tua · Guru meminta kepada siswa untuk mengerjakan soal teka – teki yang telah disiapkan oleh guru. · Guru memberikan reward bagi siswa yang menjawab soal tersebut. · Guru dan siswa mengoreksi bersama. | 20 menit |
3 | Kegiatan Akhir · Guru dan siswa bersama – sama memberikan kesimpulan mengenai pelajaran hari ini. · Guru memberikan pekerjaan rumah LKS hal. 38 · Guru dan siswa membaca hamdalah dan salam | 5 menit |
9. Penilaian
Ø Jenis Penilaian
· Tes tulis
· Non tes
Ø Bentuk Penilaian
· Tes tulis
- Multyple choice
- Esai
· Non tes
- Performens
Ø Contoh Instrumen Penilaian
· PKn
1. Sesama manusia harus saling...
2. Kita harus memberi pertolongan kepada...
3. Ibu memberi nasihat supaya kita...
4. Jika ada pengemis dirumah kita harus...
· Fikih
1. Shalat berjamaah lebih .... dari pada shalat sendirian.
2. Shalat berjamaah adalah...
3. Yang memipin shalat disebut...
4. Shalat jamaah boleh dilakukan oleh.....
5. Shalat berjamaah biasanya dilakukan di....
· Al Qur’an Hadis
1. Kita harus ... kepada kedua orang tua.
a. Membangkang b. Menghindar c. Berbakti
2. Kita harus berkata ....
a. Jujur b. Bohong c. Dusta
3. Jika ingin berangkat sekolah kita harus...
a. Lari b. Mencium tangan kedua orang tua c. Cuek
4. Kita harus selalu menghindari akhlak yang...
a. Baik b. Buruk c. Murka
Ø Pedoman Penskoran
· PKn
Pertanyaan | Jawaban | Skor | Jumlah skor |
1. Sesama manusia harus saling... | Tolong menolong | 25 | 25 |
2. Kita harus memberi pertolongan kepada …. | Orang lain | 25 | 25 |
3. Ibu memberi nasihat supaya kita …… | Nurut / patuh | 25 | 25 |
4. Jika ada pengemis dirumah kita harus... | Memberinya uang | 25 | 25 |
JUMLAH | 100 | 100 |
· Fikih
Pertanyaan | Jawaban | Skor | Jumlah skor |
1. Shalat berjamaah lebih .... dari pada shalat sendirian. | 27 | 20 | 20 |
2. Shalat berjamaah adalah... | Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan lebih dari satu orang dengan pahala 27 kali lipat | 20 | 20 |
3. Yang memipin shalat disebut …… | Imam | 20 | 20 |
4. Shalat jamaah boleh dilakukan oleh......... | Bapak, ibu dan anak | 20 | 20 |
5. Shalat berjamaah biasanya dilakukan di.... | Masjid | 20 | 20 |
JUMLAH | 100 | 100 |
· Al Qur’an Hadis
Pertanyaan | Jawaban | Skor | Jumlah skor |
1. Kita harus ... kepada kedua orang tua | c. Berbakti | 25 | 25 |
2. Kita harus berkata …. | a. Jujur | 25 | 25 |
3. Jika ingin berangkat sekolah kita harus... | b. Mencium tangan kedua orang tua | 25 | 25 |
4. Kita harus selalu menghindari akhlak yang... | b. Buruk | 25 | 25 |
JUMLAH | 100 | 100 |
Nilai Perolehan Akhir : Skor perolehan x 100
Skor Maksimum
Ø Penilaian Permainan
No | Nama | Kecepatan dalam menjawab soal ( 0 – 80 ) | Reward |
Surabaya, 24 April 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
…………………… Aulita Hafifa
0 komentar:
Posting Komentar